Junior High School Students’ Geometry Ability Based on Van Hiele Level’s Thinking

  • Prismadian Amalia Putri Mathematics Education, Malang State University, Indonesia
  • Subanji Mathematics Education, Malang State University, Indonesia
  • Santi Irawati Mathematics Education, Malang State University, Indonesia

Abstract

Kemampuan memecahkan masalah dan berpikir logis siswa dapat ditumbuhkan dengan mempelajari Geometri. Namun, kenyataan di lapangan dan beberapa penelitian di Indonesia menunjukkan bahwa kemampuan berpikir geometris siswa SMP masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan berpikir geometris siswa SMP menurut Teori Van Hiele. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang dilaksanakan di salahsatu SMP di Kabupaten Pringsewu dengan melibatkan 28 siswa kelas VIII. Subjek penelitian dipilih masing-masing satu siswa mewakili level 1, 2, 3, dan 4 Van Hiele. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan tes pilihan ganda dan wawancara. Teknik analisis data dilaksanakan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik originalitas data dilaksanakan dengan triangulasi di mana peneliti membandingkan data hasil tes dengan hasil wawancara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa level 1 (28,57%) dapat mengenal dan menyebutkan nama bangun geometri secara visual; siswa level 2 (14,28%) dapat mempelajari bentuk-bentuk geometri dengan mengamati dan menyebutkan sifat-sifat bangun tersebut; siswa level 3 (7,14%) dapat membuat koneksi antara berbagai bentuk bangun geometri dan mendeteksi sifat umum dari bentuk geometri tertentu; siswa level 4 (3,57%) dapat membedakan dan membuat kesimpulan sederhana mengenai bentuk dan sifat bangun.

References

Afifah, A.H., Susanto., Sugiarti, T., Sunardi., & Monalisa L.A. (2019). Analisis Keterampilan Geometri Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal SegiempatBerdasarkan Level Van Hile. Kadikma, 10(3), 35-47

Ali, N.N. and Ni'mah, K., (2023). Analisis Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi.. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), 267-274.

Anwar, A. (2020). Indentifikasi Tingkat Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 3(2), 85-92.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. SAGE.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 11(1). doi: https://doi.org/10.15294/kreano.v12i1.26288

Fona, F,B., & Husna. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Peluang, 6(2). doi: https://doi.org/10.24815/jp.v6i2.12730

Kurnia, Aulidia Nauval., Hidayati, Nita. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Geometri Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele Pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, matematika, dan sains, 6 (2)

Lusiyati & Yunianta. (2020). Indentifikasi Keterampilan Geometri Siswa Laki-laki dan Perempuan SMP Berdasarkan Tingkatan Van Hiele Dalam Meneyelesaikan Soal Bangun Datar. Satya Widya,36 (1)

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis. SAGE.

Naufal, MA., Abdullah, A.H., Osman, S., Abu, M.S., Uhsan, H (2020). Van Hiele level of geometric thinking among Secondary School students. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(6). 477-481.

Nurani, I. F., Irawan, E. B., & Sa’dijah, C. (2016). Level Berpikir Geometri Van Hiele Berdasarkan Gender pada Siswa Kelas VII SMP Islam Hasanuddin Dau Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 978-983.

Rohendi, D., Septian, S., & Sutarno, H. (2018). The Use of Geometry Learning Media Based on Augmented Reality for Junior High School Students. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 306 (1)

Sunardi, S., Yudianto, E., Susanto, S., Kurniati, D., Cahyo, R.D. & Subanji, S., 2019. Anxiety of students in visualization, analysis, and informal deduction levels to solve geometry problems. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(4), pp.171-185.

Surya, C.M., Iskandar, Y.Z. and Marlina, L., 2021. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok A Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal Tahsinia, 2(1), pp.78-89.

Suwito, Abi., Yuwono, Ipung., Parta, I Nengah., & Irawati, Santi. (2017). Geometry High School Students Thinking Ability Based On level van Hiele. International Conference on Mathematics: Education, Theory, and Application (ICMETA)

Usiskin, Z. (1982). Van Hiele levels and achievement in secondary and middle school geometry: final report of the Cognitive Development and Achievement in Secondary School Geometry (CDASSG) project. US: Departemen of Education The Unversity of Chicago.

Yanuar, T., Prasetyowati, D., & Endahwuri. (2022).Profil Tingkatan Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Gender. Imajiner: Jurnal matematika dan pendidikan matematika. 4(1)

Yuliana, D & Ratu, N . (2019). Analisis Keterampilan Dasar Visual Geometri Siswa SMP Ditinjau Berdasarkan Level Berpikir Analisis Van Hiele. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendiidkan Matematika, 3(2), doi: https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.135

Yunianta, T.N.H. & Lusiyati, L., .(2020). Identifikasi Keterampilan Geometri Siswa Laki-Laki dan Perempuan SMP Berdasarkan Tingkatan Van Hiele dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar. Satya Widya, 36(1), 45-55.

Zainal, Z. (2020). Peringkat Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele. Makassar: Global RCI.

Published
2024-01-31