Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

  • Futri Hikma Fatona Universitas PGRI Palembang
  • Yusuf Hartono Universitas PGRI Palembang
  • Nora Surmilasari Universitas PGRI Palembang
Keywords: Mathematical Problem Solving, Problem Based Intruction (PBI)

Abstract

This study aims to determine the effect of the learning model of Problem Based Intruction (PBI) on mathematical problem solving abilities of class VIII students in Rantau Panjang Middle School 1. The research method that will be used in this research is the True Experimental Design method. the population in this study were all eighth grade students of SMP N 1 Rantau Panjang totaling 106 students. The samples taken in this study were 52 students consisting of 25 students in class VIII.1 as the experimental class and 27 students in class VIII.3 as the control class. Data collection techniques using tests. The research data were analyzed using the Mann-Whitney.The results of the analysis and discussion, it was concluded that there was a significant effect between the Problem Based Intruction (PBI) learning model on the mathematical problem solving abilities of class VIII students in Middle School 1Rantau Panjang.

References

Dwijananti, P., &Yulianti, D. (2010). Pengembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui pembelajaran problem based instruction pada mata kuliah fisika lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2).108-114.

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1-10.

Fatimah, F. (2012). Kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah melalui problem based-learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249-259.https://doi.org/10.21831/pep.v16i1.1116

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118.http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027

Kartika, Y. (2016). Perbedaan Penerapan Model Problem Based Instruction Dengan Pembelajaran Kooperatif Nht Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Materi Peluang Di Kelas Xi Sma Negeri 2 Peusangan. Jurnal Pendidikan Almuslim, 4(2).34-37.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakag) di smpn model pembelajaran generatif (generative learning) di smp. EDU-MAT, 3(2).166-175. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Muchlis, E. E. (2012). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) terhadap perkembangan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas II SD Kartika 1.10 Padang. EXACTA, 10(2), 136-139.

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTS di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik, 9(1), 16-25

Retno, D. P. (2011). Kemampuan Siswa dalam Menganalisis Data Monografi Untuk Perkembangan Kota Pada Siswa SMA Negeri 1 Tayu Melalui Metode Problem Based Intruction (PBI)(Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Sayekti, S. (2012). Meningkatkan kreativitas dalam tindakan ekonomi melalui problem based instruction berbasis kegiatan daur ulang sampah. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 6(2). 26-35. http://dx.doi.org/10.26877/mpp.v6i2%20Desember.468

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Suyatno.2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo : Masmedia Buana.

Trapsilasiwi, D., &Fatahillah, A. (2015). Penerapan Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Trigonometri Di Kelas X Ipa 2 Semester Genap SMA Negeri Arjasa Tahun Ajaran 2013-2014. KadikmA, 6(2).95–108.

Trianto, I. B. A. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Utami, R. W., &Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166-175.

Wahyuni, S., & Kristianingrum, A. (2008). Meningkatkan hasil belajar kimia dan peran aktif siswa melalui model PBI dengan media CD interaktif. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(1).109-208.

Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru matematika: apa dan bagaimana mengembangkannya. ProsidingSeminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika,5 Desember 2009, FMIPA UNY.

Zukir, M. (2013). Pengaruh LKS Terintegrasi Gempa Bumi Pada Konsep Elastisitas dan Getaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PBI. EKSAKTA, 1(1).70-76.

Published
2019-08-26