The Effectiveness of Blended Learning on Students' Mathematical Problem Solving Ability

  • Hesti Noviyana Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Aty Nurdiana Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Joko Sutrisno AB Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Bandar Lampung
Keywords: Blended Learning, Mathematical, Problem Solving

Abstract


 

References

Agustami, Aprida, V., & Pramita, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 3 (1), 221-231.

Anisah, et al. (2021). Penurunan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ementary: Jurnal Pendidikan Dasar. 7 (2), doi: https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i2.3745.

Bell, F, H. (1978). Teaching and Learning Mathematics. USA: Wm. C. Brown Company Publishers.

Chaeruman, U. A. (2020). Blended Learning Sharing Pengalaman Pribadi Melaksanakan dengan Model Pedati. 1–13. https://www.researchgate.net/publication/332295723.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hima, L, R. (2016). Pengaruh Pemelajaran Bauran (Blended Learning) Terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 2 (1), 36-42.

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face to Face, E-Learning Ofline-Online dan Mobile Learning. Jakarta: Pustakaraya.

Idris, H. (2018). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1), 61–73. https://doi.org/10.30984/jii.v5i1.562

Kurniawan, I., Raharjo, T, J., & Khumaedi. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 702-707.

Krulik, S, & Rudnick, J, A. (1995). The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School. Boston: Temple University.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum,dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran.

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: In Alfabeta.

Nasution, N., Jalinus, N., & Syahril. (2019). Buku Model Blended Learning. Pekan Baru Riau: Unilak Press.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston: NCTM.

Noviyanti, F., Sugiharta, I., & Farida. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Dampak Blended Learning Menggunakan Edmodo. Desimal: Jurnal Matematika, 2 (2), 173-180. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4035.

Oktaria, S. D., Budiningsih, A., & Risdianto, E. (2018). Model Blended Learning Berbasis Moodle (Cetakan 1). Jakarta: Halaman Moeka Publishing.

Palera, V., Anriani, N., & FS, C. A. H. (2020). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Video Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(2), 103–116. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i2.14072

Payadna, I, P, A, A, dan Jayantika, I, G, A, N, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Metode Statistika II. Jurnal Santiaji Pendidikan. 11 (2), 134-143.

Polya. G. (1973) How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (Second ed). New Jersey: Princeton University Press.

Rahmawati & Mulbasari, A, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Cooperative Script dan Blended Learning. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika), 2 (1), 52-64. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i1.159.

Sudiarta, I, P, T., & Sadra, I, W. Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49 (2), 48-58.

Sugiyono. (2019). Statistika Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wardani, D, N., Toenlioe, A, J, E., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran di Era 21 dengan Blended Learning. Jurnal JKTP, 1 (1), 13-18.

Wibowo, U, D, A. (2019). Prophetic Softskills untuk Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal In Sight, 21 (1), 30-38.

Wildavsky, B. (2001). Want More From High School? Spesial Report: E-Learning. http://www.usnews/edu/elearning/articles.

Yanti, F, N., & Sugiharta, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Dampak Blended Learning menggunakan Edmodo. Jurnal Matematika: Desimal. 2 (2), 173-180.

Published
2022-07-31