Pengembangan Media Pembelajaran Prisma Berbasis Macromedia Flash Dengan Desain Pembelajaran Assure

  • David Maclinton Pendidikan Matematika, Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Dedek Andrian Pendidikan Matematika, Universitas Islam Riau, Indonesia
Keywords: Assure, Macromedia Flash, Media, Prism

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran prisma berbasis macromedia flash dengan desain pembelajaran ASSURE yang valid dan praktis. Penelitian & Pengembangan (R&D) ini menggunakan desain pembelajaran ASSURE. Subyek pengembangan media pembelajaran Macromedia Flash adalah siswa salah satu SMP Negeri di Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian validitas pakar dan praktisi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk melihat persentase jawaban dari para ahli dan praktisi untuk memperoleh kesimpulan. Macromedia Flash yang dikembangkan memiliki fitur-fitur animasi yang menarik perhatian siswa sehingga siswa memiliki minat atau motivasi yang tinggi dalam belajar matematika pada level apapun. Para ahli dan praktisi menilai media pembelajaran Macromedia Flash dalam kategori valid dengan nilai rata-rata 83,67%. Para ahli dan praktisi juga menilai media pembelajaran Macromedia Flash dalam kategori praktis dengan rata-rata 84,37%.

References

Alyusfitri, R., Ambiyar, A., Aziz, I., & Amdia, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Dengan Pedekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1281–1296. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.371

Ambarningsih, D. (2014). Journal of Elementary Education. Peningkatan Hasil Belajar Menulis Puisi Bebas Melalui Metode Suggestopedia, 3(4), 14–20.

Andamon, J. C., & Tan, D. A. (2018). Conceptual understanding, attitude and performance in mathematics of Grade 7 Students. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(8), 96–105.

Andrian, D., Wahyuni, A., Ramadhan, S., Novilanti, F. R. E., & Zafrullah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Hasil Belajar, Sikap Sosial, dan Motivasi Belajar. Inomatika, 2(1), 65–75. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i1.163

Asad, M., Razali, & Sherwani, F. (2014). Instructional Models For Enhancing The Performance Of Students And Workforce During Educational Training. Academia Arena, 6(3), 285–311.

Astra, I. M., Nasbey, H., & Nugraha, A. (2015). Development of an android application in the form of a simulation lab as learning media for senior high school students. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(5), 1081–1088. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1376a

Azizi, A., & Irwansah, I. (2020). Jurnal ilmiah global education. 1(1), 33–38.

Buckingham, D. (2007). Media education goes digital: An introduction. Learning, Media and Technology, 32(2), 111–119. https://doi.org/10.1080/17439880701343006

Callingham, R., & Siemon, D. (2021). Connecting multiplicative thinking and mathematical reasoning in the middle years. Journal of Mathematical Behavior, 61(December 2020), 100837. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2020.100837

Capuno, R., Necesario, R., Etcuban, J. O., Espina, R., Padillo, G., & Manguilimotan, R. (2019). Attitudes, Study Habits, and Academic Performance of Junior High School Students in Mathematics. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(3), 547–561. https://doi.org/10.29333/iejme/5768

Fahriansyah, F. (2021). Pengembangan Desain Model Pembelajaran Assure Pada Mata Pembelajaran Seni Budaya di SMP Islamiyah Sawangan. Pengembangan Desain Model Pembelajaran Assure Pada Mata Pembelajaran Seni Budaya Di SMP Islamiyah Sawangan, 53–63.

Hikmah, S. (2021). Hubungan kecerdasan numerik dan minat belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 33–39.

Horsea, B. (2006). The Focal Easy Guide To Macromedia Flash 8 For New Users And Professional. Focal Press.

Kolomitro, K., & Anstey, L. M. (2017). A survey on evaluation practices in teaching and learning centres. International Journal for Academic Development, 1324(2), 1–13. https://doi.org/10.1080/1360144X.2017.1313162

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1(1), 588–595.

Lombardi, C. M., Casey, B. M., Pezaris, E., Jong, M., Mcpherran, C., Casey, B. M., & Pezaris, E. (2019). Longitudinal Analysis of Associations between 3-D Mental Rotation and Mathematics Reasoning Skills during Middle School : Across and within Genders Longitudinal Analysis of Associations between 3-D Mental Rotation and Mathematics Reasoning Skills during Middle. Journal of Cognition and Development, 0(0), 1–23. https://doi.org/10.1080/15248372.2019.1614592

Matsun, M., Darmawan, H., & Fitriyanti, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Macromedia Flash Topik Bahasan Pesawat Sederhana. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 10(1), 30. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i1.25861

Mazana, & Yahya, M. (2018). Investigating Students’ Attitude towards Learning Mathematics. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1). https://doi.org/10.29333/iejme/3997

Muzakki, A., Zainiyati, H. S., Rahayu, D. C., & Khotimah, H. (2021). Desain Pembelajaran Model ASSURE Berbasis Multimedia pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 149. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1169

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Umsida Press.

Öztürk, M., & Sarikaya, İ. (2021). The relationship between the mathematical reasoning skills and video game addiction of Turkish middle schools students: A serial mediator model. Thinking Skills and Creativity, 40(February), 1–11. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100843

Pamungkas, A. S., & Yuhana, Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan. Jppm, 9(2), 177–182.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Rezeki, S., Andrian, D., & Safitri, Y. (2021). Mathematics and cultures: A new concept in maintaining cultures through the development of learning devices. International Journal of Instruction, 14(3), 375–392. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14322a

Risnawati, Andrian, D., Azmi, M. P., Amir, Z., & Nurdin, E. (2019). Development of a definition maps-based plane geometry module to improve the student teachers’ mathematical reasoning ability. International Journal of Instruction, 12(3), 541–560. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12333a

Rohaeti, E. E., Bernard, M., & Novtiar, C. (2019). Pengembangan Media Visual Basic Application untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa SMP dengan Pendekatan Open-Ended. Supremum Journal of Mathematics Education, 3(2), 95–108.

Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Septian, A., Inayah, S., & Pelani, J. I. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Bangun Datar. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 97–107. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.697

Setiawan, A., Mardapi, D., Supriyoko, & Andrian, D. (2019). The Development of Instrument for Assessing Students ’ Affective Domain Using Self- and Peer-Assessment Models. International Journal of Instruction, 12(3).

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59–74. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272

Syehma Bahtiar, R. (2016). Pengaruh desain pembelajaran Assure terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Inovasi, XVIII(1), 44–49.

Umam, K. (2016). Pengaruh Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 84. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no1.2016pp84-92

Wardani, K. W., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas dan Keliling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 73–84. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p73-84

Widodo, S., & Wahyudin. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 17(1), 154–160.

Yaumi, M. (2019). Media dan Teknologi Pembelajaran Matematika. Prenada Media Group.

Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 170–177. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3612

Published
2022-01-30