Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Online Learning pada Masa Pandemi Covid-19

  • Desrina Hardianti Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia
  • Dwi Desmayanasari Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi matematis siswa dalam online learning pada masa pandemi covid-19. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes. Instrumen tes disusun berdasarkan indikator kemampuan literasi matematis dan telah memenuhi kriteria valid dan reliabel. Penelitian ini melibatkan 68 siswa kelas VII di suatu SMP di Lampung. Pengambilan subjek penelitian dilakukan secara purposive dengan mempertimbangkan saran guru dan analisis awal. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa dalam online learning masih rendah yang ditandai dengan rata-rata skor tes kemampuan literasi matematis siswa yaitu sebesar 46,46 dan sebanyak 67,64% skor siswa berada dibawah rata-rata tersebut. Sementara itu, persentase capaian pada masing-masing indikator juga masih rendah. Jawaban yang diberikan siswa menunjukkan bahwa, sebanyak 80,05% siswa masih kesulitan dalam memilih dan membandingkan strategi untuk memperoleh penyelesaian, 64,06% siswa kesulitan dalam menggunakan   penalaran untuk mengaitkan informasi yang diperoleh dari suatu permasalahan dengan konsep yang telah dimiliki, dan sebanyak 78,12% siswa mengalami kesulitan dalam menggunakan atau memanipulasi rumus atau prosedur dalam penyelesaian permasalahan kontekstual. Mengingat betapa pentingnya kemampuan literasi matematis, seorang guru harus mampu merancang pembelajaran agar dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan literasi matematis.  

References

Abdussakir. (2018). Literasi Matematis dan Upaya Pengembangannya dalam Pembelajaran di Kelas. Seminar Pendidikan Matematika “Menanamkan Pendidikan Karakter (Akhlakul Karimah) Dan Kesadaran Literasi Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika†Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumenepp.

Askew, M., Rhodes, V., Brown, M., Wiliam, D., And, & Johnson, D. (1997). Effective Teachers of Numeracy: Report of a study carried out for the Teacher Training Agency. http://musicmathsmagic.com/page4/files/EffectiveTeachersofNumeracy.pdf

Asmara, A. S., Waluya, S. B., & Rochmad, R. (2017). Analysis of Mathematics Literacy Based on Mathematical Ability. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 135. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i2.p135-142

Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah dalam Perspektif Multiple Intelligences. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 4(2), 136–150. https://doi.org/https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.524

Hardianti, D., Priatna, N., & Priatna, B. A. (2017). Analysis of Geometric Thinking Students’ and Process-Guided Inquiry Learning Model. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 012088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012088

Hendroanto, A., Istiandaru, A., Syakrina, N., Setyawan, F., Prahmana, R. C. I., & Hidayat, A. S. E. (2018). How Students Solves PISA Tasks: An Overview of Students’ Mathematical Literacy. International Journal on Emerging Mathematics Education, 2(2), 129. https://doi.org/10.12928/ijeme.v2i2.10713

Krisna, F. P. P., & Marga, M. H. P. (2018). Pemanfaatan Video untuk Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Kontekstual Pada Topik Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Lailiyah, S. (2017). Mathematical literacy skills of students’ in term of gender differences. THE 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE ON RESEARCH, IMPLEMENTATION, AND EDUCATION OF MATHEMATICS AND SCIENCE (4TH ICRIEMS): Research and Education for Developing Scientific Attitude in Sciences And Mathematics, 050019. https://doi.org/10.1063/1.4995146

Mulenga, E. M., & Marbán, J. M. (2020). Is COVID-19 the Gateway for Digital Learning in Mathematics Education? Contemporary Educational Technology, 12(2), ep269. https://doi.org/10.30935/cedtech/7949

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Nurani, N. I., Uswatun, D. A., & Maula, L. H. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PGSD, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32534/jps.v6i1.1151

OECD. (2016). PISA 2015 Assessmentand Analytical Framework: Science, Reading, Mathematics and Financial Literacy. OECD Publishing.

OECD. (2018). PISA -2018 Assessment and Analytical FrameworkNo Title.

Purwati, H. (2015). Penggunaan Metode Pembelajaran Penilaian Antar Kelompok untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 10 Probolinggo. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2187

Rusdi. (2016). The Analysis of Students’ Mathematics Literacy in SMP Negeri Bukittinggi as a Reflection of Preparation to Face Globalization Era of the 21st Century. Proceeding International Seminar on Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training.

Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana? Seminar Nasional Matematika Dan Pendidkan Matematka UNY 2015.

Sari, R. H. N., & Wijaya, A. (2017). Mathematical literacy of senior high school students in Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 100. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10649

Sulistio, G., Nindiasari, H., & Jaenudin. (2020). Efektivitas Kemampuan Literasi Matematis dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Berbasis Karakter dan Budaya Lokal Siswa SMP di Kabupaten Lebak. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(3), 267–277.

Wasiah, U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 307–317. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp307-317

Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132

Published
2022-01-31