Pengembangan Buku Saku Relasi dan Fungsi Berbasis CTL

  • Putri Cahyani Agustine Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Iis Juniati Lathiifah Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia

Abstract

Peserta didik pada usia remaja seringkali mengeluh dengan buku yang terlalu besar untuk dibaca. Sementara hasil penelitian didapat bahwa pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah  matematis peserta didik. Sehingga penelitian dilakukan untuk menghasilkan sebuah buku saku CTL (Contextual Teaching and Learning) materi relasi dan fungsi yang valid dan praktis. Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas X salah satu MAN di Pangkalpinang pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau development research yang terdiri dua tahap yaitu tahap preliminary yang meliputi persiapan dan desain kemudian formative evaluation yang meliputi self evaluation, expert reviews, one-to-one, small group, dan field test. Hasil penelitian diperoleh bahwa buku saku yang dikembangkan sudah seusai dengan pembelajaran CTL dengan rata-rata tiap kategori sebagai berikut; kategori konten bernilai 4 dengan kriteria sangat valid, kategori konstruk bernilai 3,88 dengan kriteria sangat valid, dan kategori bahasa bernilai 3,33 dengan kriteria valid. Sehingga rerata hasil validasi didapat nilai 3,73 dan buku saku dinyatakan valid. Berdasarkan hasil penerapan pada siswa kelas X didapat bahwa buku saku yang dikembangkan praktis dan sangat baik digunakan untuk siswa SMA serta mempunyai efek potensial terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah kontekstual dilihat dari sikap, pengetahuan dan keterampilan yang secara umum dikategorikan baik.

References

Agustine, P. C., & Apriani, F. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Challenge Based Learning Pada Materi Peluang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 196–205. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3216

Apriyeni, O., Syamsurizal, S., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2021). Validitas Booklet pada Materi Bakteri untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 8–13. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33805

Arindiono, R. Y., & Ramadhani, N. (2013). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, 2(1), 28–32. ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/2856%0D

Ayu, A. R. (2016). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didikSekolah Dasar Pada Materi Keliling dan Luas Persegi Panjang dan Segitiga. In Repositoy.upi.edu.

Cahyono, B., Tsani, D., & Rahma, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Materi Trigonometri. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 8(2), 185–199. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2929

Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1–16. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919

Hasibuan, I. (2014). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran Sejarah. II(01), 1–12. https://doi.org/10.35542/osf.io/8qy5f

Hayati, R. (2018). Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsS Terpadu Langsa. AT-Tarbawi, 5(2), 84–91.

Hudson, C. C., & Whisler, V. R. (2007). Contextual teaching and learning for practitioners. IMSCI 2007 - International Multi-Conference on Society, Cybernetics and Informatics, Proceedings, 2(4), 228–232.

Indrawati, K. A. D., Muzaki, A., & Febrilia, B. R. A. (2019). Profil Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 69–84. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.12200

Isharyadi, R. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 48–55. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1342

Junaedi, I., & Asikin, M. (2012). Pengembangan Pembelajaran Matematika Humanistik Untuk Meningkatkan Kemahiran Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 114–120.

Lathiifah, I. J., Zulkardi, Z., & Somakim, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Materi Aturan Pencacahan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah di SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 72–83. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2817

Masita, M., & Wulandari, D. (2018). Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 75–82.

Oktaviana, D., Prihatin, I., & Fahrizar, F. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Contextual Teaching and Learning dalam Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2543

Ratnawulan, E., & Rusdiana, H. . (2014). Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. http://digilib.uinsgd.ac.id/2336/

Sariningsih, R. (2014). Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Infinity Journal, 3(2), 150–163. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.60

Setiawan, R. H., & Harta, I. (2014). Pengaruh Pendekatan Open-Ended dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Siswa Terhadap Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 240–256. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2679

Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243

Supeno, S., Bektiarso, S., & Munawaroh, A. (2018). Pengembangan Pocketbook berbasis Android untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 2, 76–83.

Syamsudin, & Supriyanto, A. (2018). The Concept of Individual Learning Plan. The 8th University Research Colloquium 2018: Universitas Muhammadiyah Purwokerto, November, 160–165. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/425

Wijaya, Y. F. (2015). Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Tunarungu Di SLB B/C. Modeling, Jurnal Program Studi PGMI, 2(1), 14–20.

Zulkardi. (2006). Formative Evaluation: What, Why, When, and How. Oocities.Org. http://www.oocities.org/zulkardi/books.html

Published
2022-01-31