Lintasan Belajar SPLDV Melalui Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs)

  • Theresia Ingga Sari Universitas Sriwijaya
  • Nyimas Aisyah Universitas Sriwijaya
  • Cecil Hiltrimartin Universitas Sriwijaya

Abstract

Penelitian ini merupakan design research yang bertujuan untuk mengembangkan lintasan belajar materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dengan menggunakan pendekatan  Model Eliciting Activities (MEAs) dikelas VIII. Penelitian pada pilot experiment ini dilakukan di SMP Xaverius 7 Palembang yang melibatkan 6 orang siswa kelas VIII. Ada tiga tahapan dalam penelitian, yaitu preliminary design, design experiments, dan retrospective analysis. Data dikumpulkan menggunakan wawancara, tes, dokumentasi dan catatan lapangan yang kemudian dianalisis secara deskriptif dengan membandingkan Hypothetical Learning Trajectory (HLT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lintasan belajar pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan pendekatan MEAs yang dikembangkan sudah sesuai dengan HLT yang telah dirancang.

References

Akker, J. Van den, Bannan, B., Kelly, A. E., Nieveen, N., & Plomp, T. (2013). Educational Design Research: An Introduction. In T. Plomp & N. Nieveen (Eds.), In Educational Design Research (pp. 10–51). SLO Netherland institude for curriculum development.
Altay, M. K., Özdemir, E. Y., & Akar, Ş. Ş. (2014). Pre-service elementary teachers’ views on model eliciting activities. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 345–349. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.219
Bakker, A. (2004). Design research in statistics education: On symbolizing and computer tools. Utrech: CD-β Press.
Clements, D. H., Sarama, J., Baroody, A. J., & Joswick, C. (2020). Efficacy of a learning trajectory approach compared to a teach-to-target approach for addition and subtraction. ZDM - Mathematics Education, 52(4), 637–648. https://doi.org/10.1007/s11858-019-01122-z
Gravemeijer, K., & van Eerde, D. (2009). Design research as a means for building a knowledge base for teaching in mathematics education. The Elementary School Journal, 109(5).
Hamilton, E., Lesh, R., Lester, F., & Brilleslyper, M. (2008). Model-Elicting Activities (MEAs) as a Bridge Between Engineering Education Research and Mathematics Education Research. Advance in Engineering Education, 1. https://doi.org/10.1042/bj1460601
Hanifah, H. (2016). Penerapan pembelajaran model eliciting activities (MEA) dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 191. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4694
Jupri, A., Usdiyana, D., & Sispiyati, R. (2020). Predictions of students’ thinking for the learning of system of linear equations in two variables. Proceedings of the 7th Mathematics, Science, and Computer Science Education Internationa Seminar. https://doi.org/10.4108/eai.12-10-2019.2296322
Kartika, M., & Hiltrimartin, C. (2019). Penerapan model eliciting activities (MEAs) dalam pembelajaran matematika materi relasi dan fungsi. Jurnal Gantang, 4(2), 161–168. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1347
Tsanawiyah, Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah, (2018).
Rahmawati, D., Darmawijoyo, D., & Hapizah, H. (2018). Desain Pembelajaran Materi Fungsi Linier Menggunakan Pemodelan Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 65–78. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1311
Rangkuti, A. N., & Siregar, A. I. (2020). Lintasan belajar teorema pythagoras dengan pendekatan pendidikan matematika realistik. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(2), 149–162. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i02.2112
Widada, W., Herawaty, D., Rahman, M. H., Yustika, D., Gusvarini, E. P., & Falaq Dwi Anggoro, A. (2020). Overcoming the difficulty of understanding systems of linear equations through learning ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012074
Published
2022-01-31