Ketertarikan Peserta Didik Belajar Matematika Menggunakan LKPD dengan Model Connected Mathematics Project (CMP)

  • Atika Farhana Pendidikan Matematika, Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Sindi Amelia Pendidikan Matematika, Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Suripah Pendidikan Matematika, Universitas Islam Riau, Indonesia

Abstract

Pandemic Covid 19 melanda seluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Hal ini berimbas pada berbagai aktivitas yang salah satunya proses pembelajaran, sehingga proses tersebut harus dilakukan secara virtual. Oleh sebab itu, diperlukan alternatif pembelajaran supaya siswa merasa tertarik dalam belajar menggunakan model Connected Mathematics Project (CMP). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketertarikan belajar peserta didik menggunakan LKPD dengan model CMP selama pandemic Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik SMP kelas VIII sebanyak 22 orang yang dipilih dengan cara acak dalam satu sekolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket ketertarikan belajar yang didistribusikan melalui google form yang terdapat 19 butir pertanyaan sebagai acuan untuk mengetahui ketertarikan belajar peserta didik menggunakan LKPD dengan CMP. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan LKPD dengan Model CMP berdampak positif terhadap ketertarikan belajar peserta didik, dilihat dari hasil rata-rata persentase seluruh aspeknya sebesar 80,09% dengan kriteria baik. Selanjutnya untuk setiap aspeknya terdapat dua aspek dengan kriteria sangat baik, dan empat aspek dengan kriteria baik. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa peserta didik mempunyai ketertarikan yang baik dalam belajar menggunakan LKPD dengan model CMP.

References

Alifia, Z., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa dalam Penerapan Edmodo di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1062–1070.

Ayuningsih, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe NOVICK terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa MTs AL-Muhajirin Panjang Tahun Ajaran 2018/2019. UIN Raden Intan Lampung.

Balela, G. S. A., Kaspul, & Arsyad, M. (2021). Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik Konsep Sistem Peredaran Darah Biologi SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 180–188.

Budiman, J. (2021). Lembaran Ilmu Kependidikan Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Indonesia. 50(1), 45–50.

Doig, B. (2001). Summing Up: Australian Numeracy Performances, Pratices, Programs and Possibities. The Craftsman Press.

Farid, A., Sudarma, K., Adrianus, & Sukmana, W. I. Y. (2022). No Title. Dengan Bantuan LKPD Cooperative Learning TSTS Dapat Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Berkelompok, 10(2).

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Herlina, S., Suripah, S., Istikomah, E., Yolanda, F., Rezeki, S., Amelia, S., & Widiati, I. (2021). Pelatihan Desain LKPD dalam Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter Positif Bagi Guru-Guru Sekolah Menengah/Madrasah di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 27–34. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6561

Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2), 86–97. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380

Jatira, Y., & S, N. (2021). Fenomena Strees dan Pembiasaan Belajar Daring Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1).

Lappan, G., Fey, J. T., Fitzgerald, W. M., & Friel, S. N. (2002). Getting to Know Connected Mathematics : An Implementation Guide. Prentice Hall.

Lidwina, F. L., & Citroresmi, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1–11.

Novilanti, F. R. E., & Suripah, S. (2021). Alternatif Pembelajaran Geometri Berbantuan Software GeoGebra di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 357–367. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.538

Nugraheny, D. C. (2018). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Life Skills Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah. Jurnal Visipena, 9(1), 94–114.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Nurzazili, Irma, A., & depriwana rahmi. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa ( LKS ) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMA Negeri 10 Pekanbaru. 2(1), 172–179.

Puteri, J. W., & Riwayati, S. (2017). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Model Pembelajaran Conneted Mathematics Project (CMP). Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 161–168.

Putri, Y. P., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas X SMA At-Taubah pada Materi SLPTV dengan Metode Pembelajaran Daring. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2934–2940. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.987

Rahayu, D., & Budiyono. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Perserta Didik (LKPD) Berbasis Pemecahan Masalah Matematis Materi Bangun Datar. JPGSD, 6(3), 249–259.

Rahmatillah, Halim, A., & Hasan, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Proses Sains Terhadap Aktivitas Pada Materi Koloid. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(2), 121–130.

Rupalestari, D., Hartono, Y., & Hapizah, H. (2018). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peluang Melalui Model Connected Mathematics Project Di Kelas VIII. Jurnal Gantang, 3(2), 63–71. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.465

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta.

Suripah, S., & Retnawati, H. (2019). Investigating Students’ Mathematical Creative Thinking Skill Based On Academic Level And Gender. International Journal of Scientific &Technology Research, 8(8, Agustus 2019), 227–231.

Susanti, W. D., & Suripah, S. (2021). The Effectiveness of Website as a Mathematics Learning Media During the Online Learning Period. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(01), 73–83. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i01.12225

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenadamedia Group.

Umbaryati. (2018). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Universitas Lampung, 217–225.

Widoyoko, E. P. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Belajar.

World Health Organization. (2020). No Title. Naming the Coronavirus Disease (COVID-19) and the Virus That Causes It.

Published
2022-01-31